Mendengar.

Photo by Ryugi

 

Kebanyakan dari kita hanya ingin didengar, sedikit yang mau mendengar.

Hari yang cerah. Rasanya matahari lagi bersemangat hari ini. Seperti dirimu.

Kalau ada tipe pendengar, maka rasanya saya cocok menjadi pendengar yang baik. Buktinya Park Choi seonbae nyaman mencurahkan segala keluh kesahnya pada saya.

Bukan hanya karena saya tidak banyak bersuara, mendengarkan dengan baik, saya juga tidak memiliki teman untuk berghibah. Jadi rahasia aman 100%.

Beberapa kali saya amati, sedikit sekali orang yang bisa menjadi pendengar yang baik. Termasuk Park Choi yang kadang suka memotong saya saat berbicara. 

Saat kita memotong pembicaraan orang lain berarti kita tidak mendengarkan orang tersebut dengan baik. 

Selain itu, ada juga orang yang mendengar tapi tidak menyimak. Bisa jadi hal yang ia dengarkan tidak menarik atau juga ia tak menganggapnya. Ibarat masuk telinga kiri, keluar telinga kanan. 

Keegoisan ini yang paling banyak terjadi.

Banyak yang menganggap bahwa dirinya lebih dari orang lain sehingga dia lebih berhak didengar. Pendapatnya yang paling penting dan benar.

Padahal belum tentu. Bisa jadi apa yang kamu bicarakan memang penting dan benar. Bisa jadi apa yang lawan bicaramu utarakan juga penting dan benar baginya.

Tapi yang pasti, keegoisan merayap melahap dirimu tanpa disadari.

Intinya, jika kita ingin jadi pendengar yang baik, buang jauh - jauh ego dalam diri kita. Supaya kita bisa memahami lebih dalam apa yang orang lain sampaikan.

Have a good day!

Komentar

Form for Contact Page (Do not remove)