Rumus Sederhana.

Seseorang bertanya bagaimana tips diet yang efektif. Baginya hal itu terlalu sulit. Segala macam hal sudah ia coba, namun tetap tidak berhasil menurunkan berat tubuhnya. 

Saya tak punya jawaban untuk itu. Sampai suatu saat saya mendapatkan sesuatu pencerahan yang masuk akal bagi saya. Sebuah rumus yang sederhana. 

Tips diet yang efektif adalah mengurangi porsi makan. Sungguh klise banget kan.

Rumusnya : input - output = hasil yang diinginkan.

Lebih besar input dari output maka hasilnya adalah surplus, yang disimpan menjadi lemak. Sebaliknya input lebih kecil daripada output maka jadinya defisit, tubuh membakar lemak untuk menjadi energi.

Singkatnya, diet yang efektif adalah dengan mengurangi porsi makan ataupun meningkatkan output (olahraga, aktifitas tubuh) sehingga tubuh mengalami defisit kalori dan membakar lemak yang ada dalam tubuh.

Dari jaman dahulu sampai nanti matahari terbit dari barat, inti dari diet ya ini. Tips paling efektif dan paling murah.

Tapi kan nggak semudah itu bambang? Yes!

Sudah mengurangi porsi makan, tetap nggak berhasil. Eits, lihat dulu. Porsi makan berat sudah dikurangi, tapi cemilan masih lanjut. Sama aja. Atau memang jumlah kalori yang masuk masih lebih besar atau sama dengan aktifitas tubuh, nggak bakalan ngefek.

Sudah olahraga tapi tetap nggak ngefek. Bisa jadi olahraganya kurang atau malah olahraga tapi porsi makan malah ikut naik. Ya diet nggak berhasil.

Dan satu hal lagi yang penting : Proses!. Semua ada prosesnya. Mengurangi porsi makan dan olahraga dua minggu ya nggak bakal keliatan hasilnya. Mulailah dengan hal yang mudah, konsisten, dan patuh. Bagus bagus malah jadi life style.

Kenapa suplemen diet dan alat olahraga begitu banyak dan gencar mengeruk pasar gemuk ini? Ya jelas, tiap orang ingin punya tubuh ideal tanpa bersusah payah. Coba ini, coba itu, ada yang berhasil ada yang tidak. Padahal rumusnya ya sesederhana yang saya sampaikan diiatas.

Hidup memang seperti itu. Semua sederhana cuma manusia yang membuatnya rumit.

Tapi kamu nggak kok :)


Photo by Ewan Yap on Unsplash


Komentar

  1. Hidup memang seperti itu. Semua sederhana cuma manusia yang membuatnya rumit.

    Betul sekali. Aku sepakat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, seperti maunya ke A, tapi harus ke B, C, D, dulu mutar 3x baru ke A. Atau seperti fresh graduate mau ngelamar kerja harus punya pengalaman kerja, padahal dia mau kerja supaya ada pengalaman. Rumit sekali.

      Hapus
  2. Tapi proses dietnya yg g segampang itu, nyatanya ada jg cerita ttg diet yang tidak mengenakkan :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman pribadi ya? XD. Diet yang tidak mengenakkan itu karena terlalu memaksakan diri. Segala yang dipaksakan akan menyakitkan. Benar nggak? :)

      Hapus

Posting Komentar

Form for Contact Page (Do not remove)